Jalur Pendakian Gunung Ciremai Via Palutungan

Gunung Ciremai merupakan sebuah gunung dengan ketinggian 3.078 mdpl, dan merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat, sehingga mendapat julukan sebagai atap nya Jawa Barat. Gunung ini termasuk ke dalam dua kawasan wilayah Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka. Walaupun membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencapai puncak, namun Gunung Ciremai ini tetap diminati para pendaki yang suka dengan tantangan, ditambah lagi keindahan alam nya yang sangat menakjubkan.

Beberapa Jalur Pendakian Gunung Ciremai

Untuk menuju ke puncak Gunung Ciremai, terdapat beberapa jalur atau rute yang bisa dilewati para pendaki, yaitu jalur pendakian via Linggasana yang berada di Kabupaten Kuningan, jalur pendakian via Apuy yang berada di Majalengka, jalur pendakian via Linggarjati yang berada di Kabupaten Kuningan, serta jalur pendakian via Palutungan yang berlokasi di Kabupaten Kuningan. Anda bisa memilih jalur mana pun yang menurut anda paling aman, serta sesuai dengan kondisi fisik atau stamina anda.

Jalur Pendakian Via Palutungan

Bagi anda yang tertarik untuk melakukan pendakian ke puncak Gunung Ciremai melalui Palutungan, pertama-tama anda menuju ke basecamp Palutungan yang berlokasi di Dusun Palutungan, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. Setelah sampai di basecamp, anda membayar tiket masuk pendakian sebesar 50 ribu rupiah. Dari basecamp anda harus melewati beberapa pos, yaitu pos 1 hingga pos 8 untuk sampai di puncak Gunung Ciremai. Perkiraan waktu yang anda tempuh untuk mencapai puncak ini sekitar 6 sampai 8 jam, tergantung stamina para pendaki itu sendiri.

Demikian merupakan informasi mengenai jalur pendakian Gunung Ciremai via Palutungan yang berada di Kabupaten Kuningan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang hendak melakukan pendakian Gunung Ciremai dalam waktu dekat.