Ibu Hamil Mencret Bahayakah? Ini  Faktanya

 

Tubuh bunda akan mengalami banyak perubahan ketika sedang hamil dan salah satunya akan banyak terjadi pada saat ibu hamil sedang mendekati HPL mereka. Yang paling sering terjadi ibu hamil akan mengalami diari terutama pada trimester yang ketika karena faktor HPL yang semakin detal. Lalu apakah ibu hamil mencret bahayakah? Untuk ibu hamil yang masih trimester ketika dan makin dekat dengan jadwal kelahiran mengalami diare adalah hal yang wajar akibat dari faktor-faktor berikut ini:

  1. Perubahan pola makan, saat masih ke trimester yang ketika ada ada perubahan pola makan dan selera makan pada ibu hamil yang terjadi secara mendadak sehingga bisa memicu gejolak di perut dan berakhir dengan mengalami diare.
  2. Sensitif dengan makanan, ibu hamil banyak yang mengalami sensitif pada makanan tertentu yang akhirnya menyebabkan terjadinya diare pada ibu hamil oleh karena itu ibu hamil harus memilih makanan yang sehat untuk mereka.
  3. Vitamin kehamilan, salah satu penyebab terjadinya diare pada ibu hamil adalah konsumsi vitamin obat.
  4. Perubahan hormon yang dialami oleh ibu hamil juga bisa memicu terjadinya diare karena keadaan hormon ibu hamil bisa memperlamban atau mempercepat hormon metabolisme.

Bila ada ibu hamil yang mengalami diare langsung datang ke dokter adalah penanganan yang paling dianjurkan selain itu ganti vitamin hamil dan tetap buat tubuh bunda terdehidrasi.