Tidak Perlu Panik, Berikut Cara Mengembalikan Video TikTok yang Terhapus

Video TikTok yang tidak sengaja terhapus pasti membuat anda merasa sedih. Tidak perlu panik, hal tersebut dapat diatasi dengan mudah. Anda hanya perlu melakukan pelaporan ke pihak TikTok dan nantinya video bisa didapatkan kembali. Lantas bagaimana cara mengembalikan video TikTok yang terhapus dengan cara tersebut? Yuk simak ulasannya di sini.

Langkah Mengembalikan Video TikTok yang Terhapus

Bagi anda yang ingin mendapatkan kembali video Tiktok yang telah terhapus, bisa melakukan pelaporan ke pihak TikTok melalui email. Langkahnya yaitu pertama tama tekan menu profile dan klik menu privacy & settings. Setelah itu tekan report a problem dan klik account issue. Bagian ini merupakan tempat bagi anda untuk menjelaskan kendala yang sedang dialami.

Kemudian anda akan diminta untuk memasukkan email dan menuliskan pesan tentang kasus yang menimpa anda. Akan tetapi, penulisan pesan harus dilakukan dalam bahasa inggris. Isikan bahwa salah satu video yang anda miliki telah terhapus. Setelah itu mintalah solusi agar video tersebut dapat dikembalikan. Pesan juga harus ditulis dengan singkat, padat, sederhana.

Tambahkan informasi penting seperti tanggal upload, caption, dan gambaran video tersebut. Setelah itu anda hanya perlu menunggu balasan email dari pihak TikTok. Lamanya pesan balasan tidak sama setiap orangnya. Oleh karena itu tunggulah beberapa hari. Apabila tidak kunjung menerima email, mungkin permintaan anda tidak dapat diterima.

Namun jika video anda bisa dikembalikan, maka pihak TikTok akan memberikan sebuah link yang berisi video yang hilang. Anda bisa mengunduh video tersebut melalui link tersebut. Hal yang paling penting, anda bisa mendeskripsikan video yang hilang denganĀ  baik, mulai dari tanggal upload hingga caption. Informasi tersebut akan mempermudah pihak TikTok.

Apabila informasi tidak lengkap, maka pihak TikTok akan kesulitan untuk menemukan video yang telah anda hapus. Selain itu, gunakan bahasa inggris yang benar. Setidaknya agar susunan kalimat yang anda buat dapat diterima dengan baik. Anda dapat menggunakan bantuan google translate atau aplikasi lain yang bisa mengubah bahasa Indonesia ke bahasa Inggris.

Lain kali anda harus berhati hati saat menggunakan TikTok. Jangan sampai anda salah tekan dan menyebabkan video menjadi terhapus. Akan sangat disayangkan jika video tersebut sampai tidak dapat dikembalikan. Padahal untuk membuat satu video pasti dibutuhkan lebih dari satu kali take. Video ini juga bisa menjadi kenang kenangan yang berharga.

Cara Menghindari Agar Video TikTok Tidak Terhapus

Banyak hal yang dapat menyebabkan video terhapus, salah satunya adalah salah tekan. Pastikan anda mengedit video yang telah dibuat di lokasi yang tenang dan sepi. Tujuannya agar tidak ada teman yang iseng dan mengganggu anda selama proses editing. Hal tersebut akan memperkecil kemungkinan video terhapus karena salah tekan.

Meskipun cara mengembalikan video TikTok yang terhapus cukup mudah, namun tidak menutup kemungkinan bahwa video tidak bisa kembali. Terlebih jika anda lupa kapan tanggal upload dan apa caption serta isi persis kontennya. Oleh karena itu, lebih baik berhati hati agar hal tersebut tidak sampai terjadi sehingga video yang telah dibuat tidak hilang.

Uraian yang telah disebutkan tadi bisa menjadi tambahan informasi bagi anda yang gemar bermain TikTok. Agar lebih aman, anda juga bisa mendownload video tersebut terlebih dahulu setelah dibuat. Cara download video TikTok tanpa watermark juga sudah tersedia di Internet dan tergolong mudah sehingga tidak ribet saat dipraktekkan.