Tips Rumah Minimalis Type 36

Ada banyak tipe rumah sesuai dengan luas bangunan, tetapi salah satu tipe yang paling banyak diminati adalah rumah tipe 36. Hal ini wajar mengingat rumah tipe 36 memiliki harga yang terjangkau dan ukurannya juga tidak terlalu kecil.

Rumah tipe 36 biasanya dibangun dengan ukuran 9 x 4 meter atau 6 x 6 meter. Dengan luasan tersebut, rumah tipe 36 cukup ditempati oleh keluarga kecil dengan satu anak. Meski luasnya hanya 36 meter persegi, Anda masih dapat menyiasati agar rumah tipe 36 tampak lebih luas. Berikut tips rumah minimalis type 36 agar tampak luas dan nyaman ditempati.

1. Bermain dengan ketinggian

Salah satu cara yang dapat digunakan agar rumah tipe 36 tampak lebih luas adalah bermain dengan ketinggian. Maksudnya, Anda dapat mengatur ketinggian level bangunan untuk menciptakan ruang yang luas. Anda juga dapat membuat rumah terlihat seperti memiliki dua lantai.

Bermain dengan ketinggian level bangunan memungkinkan Anda menangkap udara yang dapat menciptakan kesan luas pada bangunan. Dengan begitu, Anda dapat tinggal dengan nyaman dalam rumah tipe 36 yang luasnya terbilang pas-pasan.

2. Pilih warna cerah

Ukuran rumah tipe 36 tidaklah seberapa sehingga bisa menjadi tampak sempit apabila pengaturan interiornya tidak tepat.

Salah satu bagian interior yang perlu diperhatikan adalah warna dinding. Agar rumah tipe 36 tidak tampak sempit, sesak, dan pengap, Anda sebaiknya memilih warna yang cerah untuk dindingnya dan menghindari warna yang gelap.

Hal ini penting karena warna gelap dapat menyerap cahaya sehingga rumah terasa sesak dan pengap. Sebaliknya, dinding yang berwarna cerah seperti warna putih dapat memantulkan cahaya sehingga rumah akan tampak cerah dan hidup. Warna putih juga dapat memberi kesan luas pada rumah.

3. Beri pencahayaan maksimal

Rumah yang gelap atau minim cahaya tentu akan terkesan pengap dan juga sempit. Efek ini bahkan dapat terasa pada rumah yang luas, apalagi pada rumah yang memang pada dasarnya sempit.

Sebaliknya, rumah yang terang dengan pencahayaan maksimal akan terasa lebih luas atau lega. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memberikan pencahayaan maksimal pada rumah dengan ukuran pas-pasan seperti rumah tipe 36.

Untuk memberikan pencahayaan maksimal, Anda dapat memanfaatkan cahaya alami dengan memberikan jendela besar pada rumah. Jika ingin privasi Anda lebih terjaga, Anda dapat memilih tirai tipis yang berwarna putih sehingga cahaya matahari masih dapat masuk dengan baik.

4. Tinggikan langit-langit

Rumah tipe 36 ukurannya pas-pasan, jangan sampai langit-langitnya juga dibuat rendah karena akan membuat rumah menjadi semakin sempit. Dengan meninggikan langit-langit, akan tercipta ilusi seolah rumah lebih luas.

Selain mampu memberikan efek lebih luas pada rumah tipe 36, langit-langit yang tinggi juga memungkinkan Anda untuk memanfaatkan lebih banyak ruang vertikal, misalnya sebagai tempat rak untuk meletakkan koleksi buku, tempat hiasan dinding atau lukisan berukuran besar, dan masih banyak lagi.

Tips rumah minimalis type 36 di atas masih belum merangkum semua hal yang dapat dilakukan agar rumah tipe 36 Anda tampak lebih luas. Meski begitu, Anda masih dapat mencari tips-tips lainnya di internet tentang desain interior.

Pengetahuan desain interior sangat penting jika Anda ingin menyulap rumah tipe 36 agar tampak lebih luas. Anda bahkan dapat membuat rumah menjadi tampak lebih mewah.