Ini Dia Tempat Wisata Terbaru di Sumbar dan Tips Hemat Saat Berwisata

Jika anda mencari destinasi wisata yang serba lengkap, Sumatera Barat adalah tujuan yang tepat. Ada berbagai macam destinasi wisata yang ditawarkan di Sumatera Barat mulai dari wisata alam, kuliner, sejarah, dan lainnya. Harga berwisata di Sumatera Barat juga ramah kantong sehingga anda tidak perlu khawatir akan menghabiskan banyak dana. Sumatera Barat kerap disingkat menjadi sumbar memiliki berbagai destinasi wisata yang mampu melepas penat anda. Banyak destinasi wisata yang dimuat di informasi sumbar baik secara online maupun offline. Oleh karena itu, anda tidak perlu kebingungan mencari rekomendasi wisata di sumbar. Sama seperti di daerah lain, wisata di sumbar juga terus berkembang dengan dibukanya berbagai destinasi baru.

Rekomendasi Destinasi Wisata Alam Sumbar

  1. Air Terjun Serasah

Pecinta air terjun wajib mengunjungi air terjun serasah. Berbeda dengan air terjun pada umumnya yang curam, air terjun ini berbentuk landai dengan batu yang bertingkat-tingkat. Di bagian bawah air terjun ini terdapat kolam berbentuk hati. Penduduk setempat mengatakan dulu air terjun ini tempat mandinya para dewa. Untuk bisa sampai di air terjun serasah, anda harus berjalan kaki dan melewati medan yang terjal. Namun, hal ini sebanding dengan pemandangan yang didapatnya. Sejuknya udara dan gemericik air mampu menghapus penat kehidupan. Selain itu, tempat yang masih asri, beningnya air, dan hijaunya tumbuhan yang mengelilingi air terjun ini membuat serasa tidak ingin pulang. Air terjun ini belum begitu ramai dikunjungi sehingga anda akan serasa berada di air terjun pribadi.

  1. Lubuak Paraku

Destinasi wisata berikutnya adalah Lubuak Paraku. Wisata sungai ini berada di daerah konservasi. Fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap. Selain menikmati jerningnya sungai, anda juga bisa pergi ke pemandian. Air di pemandian ini sangat segar dan sedingin es. Hal tersebut tidak mengherankan karena air di pemandian berasal dari mata airĀ  yang terdapat di dalam hutan. Lubuak dalam bahasa daerah berarti ikan. Nama lubuak paraku diambil karena di sungai ini banyak ikan berkumpul.

  1. Bukit Nobita

Mungkin anda akan sedikit mengernyit ketika mendengar nama destinasi wsata ini. Nama bukit nobita terinspirasi dari film kartun Doraemon dimana nobita dan kawan-kawannya sering mengunjungi bukit di belakang kota selepas sekolah. Dari bukit ini, anda bisa melihat kota padang. Rata-rata pengunjung bukit nobita adalah anak muda. Anda bisa duduk santai di atas bukit sambil menikmati hidangan yang disediakan warung-warung sekitar. Bukit ini juga buka pada malam hari. Jika berkunjung di malam hari anda akan melihat indahnya kota padang diselimuti oleh lampu bagai kelap-kelip bintang. Jika berkunjung pada malam hari, jangan lupa membawa pakaian hangat karena udara di atas bukit cukup dingin.

Kisaran Dana yang Harus Disiapkan Jika Berwisata ke Sumbar

Jika sudah menentukan destinasi wisata, hal selanjutnya adalah menentukan kisaran dana yang disiapkan. Wisata di sumbar tidak memakan banyak dana karena harga rata-rata tiket masuk ke destinasi wisata sangat murah, berkisar antara 10.000 sampai 50.000 saja. Untuk menghemat uang, anda mungkin bisa menginap di hotel murah. Selain itu, anda juga bisa makan di warung lokal. Makan di restoran hanya akan menghabiskan dana. Dengan makan di warung lokal, anda bisa merasakan langsung cita rasa masakan sumbar. Namun, anda jangan kaget karena rata-rata nasi yang disajikan adalah nasi pera.