Sedekah adalah salah satu ibadah yang paling mudah kita lakukan, karena kita tidak memerlukan harta atau materi untuk melakukannya, kita cukup memberikan bantuan tenaga dan waktu maka kita sudah bisa melakukan sedekah. Lalu apa saja manfaat sedekah yang bisa kita dapatkan?

Ganjaran dan Manfaat Sedekah

Selain kita bisa mendapatkan pahala dari bersedekah, ada banyak ganjaran dan manfaat sedekah yang bisa kita dapatkan seperti :

1. Sedekah dapat Menghapus Dosa dan Meringankan Sakaratul Maut

Pastinya kita sebagai seorang muslim ingin meninggal dalam keadaan khusnul khatimah. Salah satu agar kita dapat mendapatkan kematian khusnul khatimah adalah dengan cara bersedekah.

Nabi Muhammad SAW memerintahkan umatnya untuk memperbanyak amalan sedekah setiap hari dalam kehidupannya.

2. Membukakan Pintu Rezeki

Manfaat sedekah lainnya yang bisa kita dapatkan adalah membukakan pintu rezeki. Semakin kita berbagi dengan yang membutuhkan maka Allah akan membukakan pintu rezeki.

3. Sedekah akan Membuat Rezeki Didapatkan Berlipat

Allah menjanjikan kita yang banyak bersedekah akan melipat gandakan harta yang dimiliki dengan cara yang tidak pernah disangka. Manfaat ini tercantum dalam QS Al-Baqarah 2:261.

4. Menjauhkan Diri dari Api Neraka

Cara agar kita nanti di akhirat bisa terhindar dari api neraka adalah dengan cara perbanyak sedekah. Maka dengan sedekah kita akan dijauhkan dari siksa api neraka di hari akhir.

5. Pelindung di Hari Kiamat

Saat kiamat tiba, umat manusia tidak bisa meminta bantuan siapapun dan yang dapat melindungi dirinya masing-masing adalah amal dan ibadahnya selama hidup di dunia. jadi sedekah bisa menjadi cara kita memperbanyak amal saat hidup didunia.

6. Terhindar dari Penyakit Jasmani dan Rohani

Jika kita ingin terhindar dari penyakit jasmani dan rohani maka banyaklah bersedekah. Hal ini tercantum dalam HR Ath-Thabrani yang menjelaskan tentang lindungi hartamu dengan zakat, dan obati orang yang sakit dengan bersedekah dan siapkan doa untuk menghadapi bencana.

7. Sedekah dapat Membuat Kita Terhindar dari Penyakit Hati

Dengan kita perbanyak sedekah maka akan terhindar dari berbagai macam penyakit hati. Seperti yang ada pada hadist HR Ahmad yang menjelaskan tentang jika kamu ingin melembutkan hari, maka memberikan orang miskin dan usaplah kepala anak yatim.

8. Mencegah dari Bencana dan Musibah

Manfaat sedekah yang bisa kita dapatkan lainnya adalah mencegah kita agar terhindar dari suatu bencana dan musibah dari orang zalim dan kafir.

9. Didoakan Malaikat

Pada HR Bukhari-Muslim menjelaskan tentang malaikat akan mendoakan orang-orang yang berinfaq, dan malaikat juga mendoakan orang akan mendapatkan kehancuran kepada orang yang menahan hartanya untuk diinfaqan.

10. Mendapatkan keberkahan

Orang yang bersedekah akan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Seperti apa yang tercantum dalam QS Saba 34: 39.

11. Pahala Dilipat Gandakan Allah SWT

Manfaat sedekah sangat besar lainnya kita akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT yang tercantum dalam QS. Al-Hadid Ayat 18.

12. Dibukakan Pintu Surga

Orang yang gemar bersedekah akan dibukakan pintu surga oleh Allah SWT.

13. Menenangkan Hati dan Memberikan Kenyamanan

Orang yang bersedekah akan merasa semakin bahagia dan senang.

14. Menghapus Dosa Masa Lalu

Saat kita melakukan sedekah kita bisa mendapatkan manfaat akan dihapus dosa-dosa yang diperbuat di masa lalu.

Dan masih banyak manfaat lainnya yang tercantum dalam hadits keutamaan memberi tentang sedekah.