Baju Adat Solo

 

 

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari beragam suku bangsa, agama, dan budaya. Banyak nya kebudayaan yang ada membuat Indonesia terbilang sebagai negara yang kaya akan kebudayaan nya. Kebudayaan tersebut sangat beragam di tiap daerah nya, seperti perbedaan bahasa daerah, rumah adat, serta pakaian adat. Salah satunya yaitu budaya yang ada di Solo, Jawa Tengah. Kali ini kami akan mengenalkan salah satu warisan budaya yang berasal dari Solo, yaitu baju tradisional atau baju adat nya.

 

Pakaian Adat Solo Wanita

Pakian tradisional Solo ini terdiri untuk pria dan wanita. Untuk wanita, komponen baju adat Solo ini terdiri dari baju kebaya hitam berbahan beludru. Dahulu, baju tersebut biasanya dipakai oleh kaum bangsawan. Selain itu ditambahkan juga kain jarik atau kain batik Sidomukti. Selain itu ditambahkan juga akseoris kepala seperti sanggul bunga bangun bulak, dan paes yang merupakan riasan di dahi, serta selop untuk penutup kaki.

 

Pakaian Adat Solo Pria

Untuk pria Solo, komponen baju adat tradisional nya terdiri dari beskap berwarna hitam yang juga terbuat dari beludru, serta kain jarik atau kain batik bermotif untuk bawahan nya. Selain itu ditambahkan juga blangkon untuk penutup kepala. Untuk aksesoris nya terdapat kalung melati yang dilingkarkan pada leher. Tak lupa juga untuk penutup kaki yaitu memakai selop.

 

Demikian itulah beberapa pakaian adat atau pakaian tradisional yang menjadi ciri khas Solo. Semoga artikel ini bisa mengenalkan anda pada budaya-budaya yang ada di Nusantara, termasuk pakaian adat nya.