Apa saja menu diet untuk ibu hamil dengan obesitas?

Para ibu yang mengalami obesitas dan sedang hamil harus waspada. Pasalnya obesitas dimasa kehamilan akan meningkatkan risiko komplikasi kehamilan. Satu-satunya cara menghindari hal itu adalah agar berat badan tetap ideal. Nah kira-kira menu diet untuk ibu hamil dengan obesitas  seperti apa yang dianjurkan?
Berikut beberapa menu diet untuk ibu hamil dengan obesitas yang dianjurkan :
– Pengganti karbohidrat
Memiliki berat badan yang berlebih berarti kemungkinan ibu hamil kelebihan gula. Makanan dengan karbohidrat yang komplek akan meningkatkan berat badan dengan cepat. Oleh karena itu ganti karbohidrat komplek dengan makanan pengganti karbohidrat seperti nasi merah, kacang-kacangan, biji-bijian.

– Menu buah dan sayur
Untuk menurunkan berat badan maka ibu hamil dapat mencoba untuk makan sayuran dan buah sebagi menu sarapan. Kandungan serat yang tinggi akan membuat pencernaan menjadi lebih lancar.

– Menu protein di siang hari
Pilihan protein untuk bumil akan mencukupi kebuthan gizi bumil. Contoh makanannya, telur, kacang-kacangan, susu, biji-bijian, tahu, daging ayam tanpa lemak dan berbagai ikan yang menyehatkan

– Menu biji- bijian
Semua biji-bijian utuh aman untuk ibu hamil seperti dengan roti gandum, nasi merah, dan oatmeal.
– Produk susu rendah lemak
Banyak ibu hamil yang tidak mau minum susu karena beranggapan akan membuat gemuk. Namun produk susu pilihan untuk ibu hamil seperti produk susu rendah lemak sangat baik untuk ibu hamil. Produk susu rendah lemak bahkan bisa membantu menurunkan berat badan dengan cepat karena setidaknya menghemat 2 sumber menu makanan lain.

Yapp jadi itu dia referensi yang dapat dijadikan menu diet untuk ibu hamil dengan obesitas. Semoga bermanfaat.